Minggu, 28 Oktober 2018

Budaya Perusahaan dari PT. Telekomunikasi Indonesia

Budaya yang dikembangkan PT. Telekomunikasi Indonesia adalah suatu acuan dalam mengembangkan SDM yang berkualitas. Karena Telkom percaya bahwa budaya perusahaan yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan kesuksesan perusahaan. Untuk itu, Telkom terus berupaya untuk membangun dan meningkatkan budaya perusahaan yang kuat. Nah, di bawah ini akan dijelaskan mengenai budaya perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk.

Budaya Perusahaan

https://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=&url=http%3A%2F%2Fwww.mitratel.co.id%2F%3Fpage_id%3D64&psig=AOvVaw30S41zHBxLK2FncqiehVAC&ust=1540843102983427

Setelah ditetapkannya surat Keputusan Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, No.PD.201.00/r.00/HK250/COP-B0020000/2013 tentang Arsitektur Kepemimpinan dan Budaya Perusahaan oleh Direksi. Maka sejak tanggal 10 Juni 2013, PT. Telkom memiliki “The Telkom Way” sebagai budaya Perusahaan. setelah itu, ditetapkankanlah Peraturan Direktur Human Capital & General Affair Telkom No.PR.201.01/r.00/HK250/COP-B0400000/2013 tentang Budaya Perusahaan Telkom Group sebagai pedoman implementasi Budaya Perusahaan di lingkungan Telkom Group
Setelah mengarungi lingkungan yang terus berubah, dikristalisasi serta dirumuskan oleh berbagai inspirasi dari perusahaan lain dan berbagai tantangan dari luar, PT TELKOM Tbk menggunakan The Telkom Way 135 sebagai budaya organisasi yang harus disepakati semua karyawannya. Berikut paparan mengenai pola 1-3-5 itu sendiri :
a. 1 (satu) asumsi dasar  yang disebut Comitted 2U,
b. 3 (tiga) nilai inti yang mencakup :
1. Customer Value (Nilai Pelanggan)
2. Excellent Service (Pelayanan yang Sempurna)
3. Competent People (Orang-orang yang Kompeten)
c. 5 (lima) merupakan langkah perilaku untuk memenangkan persaingan, yang terdiri atas :
1. Stretch The Goals,
2. Simplify,
3. Involve Everyone,
4. Quality is My Job, and;
5. Reward the Winners.

Budaya Perusahaan yang telah ditetapkan diatas mengacu pada konsep pengelolaan Telkom Group yang didasarkan pada elemen 8S yaitu Spirituality, Style, Shared Values, Strategy, Staff, Skill, System, dan Structure. Untuk lengkapnya, budaya perusahaan tersebut diformulasikan sebagai berikut:

  • Philosophy to be the Best: Always The Best 

Always the Best merupakan sebuah basic belief untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan. Always the Best memiliki esensi “Ihsan” yang dalam pengertian ini diterjemahkan “terbaik”. Setiap insan Telkom Group yang memiliki spirit ihsan akan selalu memberikan hasil kerja yang lebih baik dari yang seharusnya, sehingga sikap ihsan secara otomatis akan dilandasi oleh hati yang ikhlas. Karena setiap aktivitas yang di lakukan adalah bentuk dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  • Philosophy to be the Best: Integrity, Enthusiasm, Totality 

Untuk mewujudkan Always the Best maka, setiap insan Telkom Group dituntut untuk memiliki integritas (integrity), antusiasme (enthusiasm), dan totalitas (totality).

  •  Principles to be the Star: Solid, Speed, Smart 

Principles to be the Star dari The Telkom Way adalah 3S yakni Solid, Speed, Smart yang sekaligus menjadi core values atau great spirit.
a. Solid
Seluruh insan Telkom Group harus memberikan yang terbaik (Always The Best) dan meningkatkan soliditas di antara seluruh insan Telkom Group sebagai satu Great Team. Dengan adanya soliditas akan melahirkan sahabat sejati yang saling menyayangi, melindungi, dan saling membela. Terdapat tiga hal yang diperlukan Untuk meningkatkan soliditas antar insan TELKOM, yaitu
1. The shared vision: semua memiliki tujuan yang sama (1 Rasa)
2. the shared values: selalu mengacu pada nilai panduan dalam pengambilan keputusan (1 Rasio)
3. the culture of trust: empowering/mempercepat proses pengambilan keputusan dan kemudahan untuk segera beradaptasi terhadap perubahan (1 Raga).
b. Speed
Speed adalah sikap mental sebagai pionir/pelopor (Awal) untuk memuwujudkan kecepatan dalam merespon peluang bisnis sesuai dengan arah yang sudah ditentukan dalam bentuk tindakan (Aksi) dan ketepatan dalam penyampaian produk, serta kecepatan dalam memberikan layanan ke pelanggan atau disebut QCD (quality, cost, delivery). Untuk itu, seluruh anggota atau setiap irisan Telkom Group harus bekerja cepat dalam setiap kesempatan untuk memenangkan persaingan.
c. Smart
Seluruh insan Telkom Group dituntut untuk bekerja smart, yaitu dengan memahami tujuan yang ingin dicapai, menentukan prioritas dan selalu mencari cara baru yang lebih baik untuk mencapai tujuan. Smart diwujudkan melalui Olah rasa melalui Intuisi yang tajam, sedangkan Olah Rasio muncul melalui kreativitas dan Inovasi yang menghasilkan terobosan (breakthrough), dan Olah Raga melalui aksi-aksi yang Impresif.

  • Practices to be the Winner: Imagine - Focus – Action
a) Imagine
Sebuah kerja besar harus dimulai dari mimpi dan cita-cita yang besar pula. Praktek ini identik dengan Visi atau Mimpi seorang pemimpin. Sebagai pemimpin, menggambarkan Desireability atau keinginan bukan karena Feasibilty atau kebiasaan, tetapi karena kemauan dan kemampuan.
b) Focus
Focus adalah praktek berperilaku yang selalu mengutamakan tujuan yang utama yaitu dengan  mefokuskan kekuatan utama dengan mengalokasikan sumber daya sesuai prioritas.
c) Action
Sebuah visi tanpa aksi itu fantasi, sedangkan aksi tanpa visi itu sensasi (sesaat). Maka dari itu, Imagine dan Focus hanya bisa bermuara pada hasil yang nyata jika telah dilakukan suatu aksi (Action). 3 kegiatan tersebut disebut sebagai Key Behaviors. Untuk itu, para anggota atau setiap irisan PT. Telekomunikasi dituntut untuk selalu belajar dari orang lain (Benchmark) dan meraih kemenangan-kemenangan kecil (Quick Wins) untuk membangun kepercayaan diri dalam menggapai kemenangan.

Baca juga : Sejarah Perusahaan Telekomunikasi Indonesia

Sumber:
https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stockdetail/kode-etik-dan-budaya-perusahaan.html
http://www.mitratel.co.id/?page_id=64
http://ahyaputri.blogspot.com/2016/01/perubahan-budaya-organisasi-pt-telkom.html
https://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwimx9yHjqreAhUMdysKHS6kCj8QjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fekonomi.kompas.com%2Fread%2F2018%2F09%2F16%2F073640926%2Fpemerintah-matangkan-rencana-telkom-jadi-aplikator-transportasi-online&psig=AOvVaw30S41zHBxLK2FncqiehVAC&ust=1540843102983427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Budaya Perusahaan dari PT. Telekomunikasi Indonesia

Budaya yang dikembangkan PT. Telekomunikasi Indonesia adalah suatu acuan dalam mengembangkan SDM yang berkualitas. Karena Telkom percaya...