Sabtu, 27 Oktober 2018

Produk dan Layanan PT. Telekomunikasi Indonesia


     Sebagai BUMN yang menyediakan layanan TIMES, PT. Telekomunikasi Indonesia berupaya untuk selalu melakukan pembaruan seperti menciptakan produk dan layanan yang mampu memperkirakan perkembangan konten (content) dan perangkat (device), baik itu smartphone, PC (Personal Computer) atau tablet, dengan sangat cepat. Selain itu, PT. Telekomunikasi Indonesia  juga menggabungkan komunikasi suara, layanan data via internet dan IPTV dalam satu paket yang PT. Telkom sebut sebagai Triple Play untuk mengembangkan inovasi. Inovasi tersebut memberikan keunggulan tersendiri untuk PT. Telkom dalam hal Time to Market dan memposisikannya sebagai perusahaan yang prestisius di tahun-tahun yang akan datang.

     Namun untuk memprediksi dinamika bisnis ini yang semakin pesat, Telkom berdasarkan Peraturan Perusahaan Perseroan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. No.PD.506 tahun 2011 tentang Pohon Produk mensinergikan seluruh produk, layanan dan solusinya, mulai dari produk dan layanan legacy hingga new wave, dan mengelompokkannya ke dalam sejumlah kegiatan usaha sebagai berikut :

1. Telekomunikasi
         Layanan telekomunikasi dari Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) bahkan korporasi.

a) Sambungan Telepon Kabel Tidak Bergerak
  • Plain Old Telephone Services (‘POTS’) merupakan sambungan telepon kabel yang melayani telefoni dasar.
  • Layanan Telepon Tetap Bernilai Tambah (VAS Fixed Wireline) adalah pemenuhan kebutuhan pelanggan dengan fasilitas layanan satu paket dengan produk inti PT. Telkom.
  • Layanan Intelligent Network (IN) atau Jaringan Pintar Teknologi Informasi (“JAPATI”) yaitu layanan FreeCall, Personal FreeCall, Split Charging, UniCall, VirtualNet, PremiumCall, VoteCall dan VoteFree berbasis teknologi informasi yang tersambung dengan sistem sentral dan jaringan telekomunikasi PT. Telkom.
  • Layanan Session Initiation Protocol (SIP) yaitu perpaduan antara teknologi nirkabel dan kabel untuk melayani jasa voice dan data berbasis teknologi IP Multimedia Subsystem (IMS).
b) Sambungan Telepon Nirkabel Tidak Bergerak
  • Layanan Prabayar merupakan jasa sambungan telepon dengan membeli nomor perdana dan voucher isi ulang.
  • Layanan Pascabayar adalah layanan telepon yang cara bayarnya langsung di akhir bulan atas jasa telekomunikasi yang telah digunakan pada bulan sebelumnya.
c) Seluler

         Teknologi GSM dan frekuensi 3,5G dimanfaatkan oleh anak perusahaan (Telkomsel) dalam melayani jasa komunikasi seluler. Layanan seluler ini menjadi kontributor terbesar pendapatan konsolidasi Perusahaan.
         Produk dan layanan seluler dibagi menjadi dua model, yaitu layanan pascabayar (disajikan lewat produk kartuHALO), dan layanan prabayar (disajikan lewat produk simPATI dan Kartu As). Perbedaannya sebagai berikut:
    - kartuHALO merupakan layanan komunikasi seluler pascabayar  yang paling banyak diminati. Buktinya Jumlah pelanggan pada akhir tahun 2011 mencapai 2,2 juta, atau setara dengan pangsa pasar sebesar 53,4% dari total pelanggan seluler pascabayar yang ada di Indonesia. Layanan ini diperkenalkan pada tahun 1995 
    - simPATI adalah produk prabayar bentuk voucher perdana dan isi ulang dengan fitur canggih dan lengkap dengan harga terjangkau pada waktu off-peak.
    - Kartu As adalah layanan seluler jenis prabayar dengan tarif yang dihitung per detik pemakaian dan menargetkan pada segmen pengguna muda.

d) Jasa Layanan Internet (Narrowband & Broadband)
  • Layanan Dial-Up merupakan jasa akses internet yang memanfaatkan jaringan telepon biasa dan modem dial up, dan pelanggan harus berlangganan ke Internet Service Provider (“ISP”) tertentu atau melakukan akses internet ke Telkomnet Instan.
  • Flexi Net merupakan layanan akses internet yang menggunakan jaringan TelkomFlexi.
  • Jasa Penyewaan Port (Port Wholesale) yaitu melayani penyewaan Port Remote Access Server untuk penyelenggara jasa internet, penyelenggara jasa konten (Content Service Provider/CSP), dan korporat untuk kemudian diperjualbelikan kepada pelanggan.
  • Metro I-net merupakan solusi jaringan data berkapasitas tinggi dan berbasis Internet Protocol (”IP”) atau Ethernet yang menjamin fleksibilitas, kemudahan dan keefektifan serta jaminan kualitas untuk segmen pelanggan bisnis dan residensial.
  • Astinet melayani akses Internet dengan menggunakan Gateway Internet default dan IP Address publik milik Telkom untuk saluran komunikasi tetap atau dedicated selama 24 jam sehari.
  • Broadband Internet melayani akses Internet secara dedicate, kecepatan di atas 384 kbps.
  • Hotspot/Wi-Fi merupakan solusi akses nirkabel Intranet dan Internet bagi pelanggan layanan data bergerak pada area tertentu dengan memanfaatkan alat bayar Telkom, alat bayar ISP lain (roaming) maupun secara bulk dengan peralatan Customer Premises Equipment berbasis teknologi Wi-Fi.
  • IP Transit yaitu pelayanan jasa interkoneksi ke global internet dengan memanfaatkan fitur Full Route BGP Internet dan blok IP serta Autonomous System (“AS”) Pelanggan (Non Telkom) dengan rasio bandwidth 1:1 dari CPE hingga ke upstream Telkom.
e) Layanan Jaringan
  • Sirkit Langganan adalah bentuk jasa jaringan transmisi terestrial unregulated yang menghubungkan 2 (dua) titik terminasi antar Point of Presence (“POP”) dedicated untuk digunakan secara eksklusif dengan kapasitas kanal transmisi yang simetris.
  • IPLC (International Private Leased Channel) yaitu saluran telekomunikasi terestrial yang disewakan secara dedicated untuk memfasilitasi komunikasi voice, data, video dan lainnya yang dilakukan oleh pelanggan di Indonesia dengan pelanggan telekomunikasi di negara lain atau sebaliknya, sesuai dengan kewenangan pelanggan berdasarkan regulasi yang berlaku.
  • VPN Backhaul merupakan suatu node yang berada di jaringan Virtual Private Network (“VPN”) sebagai pusat dari node-node lainnya.
  • ADSL Link/EBIS ESP yaitu saluran akses pelanggan berbasis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line untuk menyediakan akses internet yang disewakan kepada penyelenggara jasa internet selain Telkom.
  • Jasa Satelit yaitu pelayanan sewa bandwidth transponder satelit atau produk turunannya yang memanfaatkan satelit milik Telkom atau satelit pengganti.
f) Jasa Komunikasi Data
  • ISDN PRA merupakan jaringan digital sebagai fasilitas layanan telekomunikasi multimedia, yang menggunakan bandwidth lebih lebar dan sistem digital dari terminal ke terminal untuk melayani komunikasi suara, data dan video serta dengan kecepatan, kualitas dan kapasitas tinggi lewat satu saluran. Jaringan ini berkapasitas total 1.984 kbps, yang terdiri dari 30B+D64, dan digunakan sebagai penghubung PABX, dari komputer mainframe ke jaringan PASOPATI, dan hubungan antar Local Area Network (“LAN“).
  • DINA Access yaitu pelayanan interkoneksi antar LAN dan layanan multimedia melalui layanan komunikasi dengan akses dedicated yang kecepatannya mulai dari 64 hingga 2.084 Kbps.
  • VPN merupakan jaringan pribadi yang menggunakan media seperti internet untuk menghubungkan remote site secara aman.
  • Global Datacom, Telkom bekerja sama dengan mitra global melalui Telin untuk pelayanan komunikasi data bagi pelanggan korporasi yang menghubungkan kantor pusat dengan cabang atau kliennya di berbagai negara di dunia.
  • Metro Link yaitu melayani point to point, point to multipoint dan multipoint to multipoint berbasis jaringan metro.
  • VAS Datacom yaitu fasilitas tambahan bentuk komunikasi data.
g) Layanan Interkoneksi dan Intercarrier
  • Interkoneksi Transit yaitu pemanfaatan jaringan tetap Telkom untuk jasa penyaluran panggilan interkoneksi dari penyelenggara komunikasi asal kepada penyelenggara tujuan
  • Interkoneksi Terminasi adalah pengakhiran panggilan interkoneksi pada jaringan Telkom dari penyelenggara telekomunikasi domestik lainnya.
  • Layanan berbasis Signalling ditawarkan kepada penyelenggara lain melalui jaringan signalling Telkom, baik domestik maupun internasional.
  • Interkoneksi Originating yaitu layanan pembangkitan panggilan interkoneksi yang ditawarkan jaringan penyelenggara asal.
  • Akses Jasa Telkom, penyelenggara layanan telekomunikasi menyediakan akses Sambungan Langsung Jarak Jauh (“SLJJ”) dan Sambungan Langsung Internasional (“SLI”) 007
  • Terminasi Internasional yaitu pengakhiran panggilan oleh Mitra Internasional pada jaringan Telkom.
  • VAS Interkoneksi, penyelenggara jasa melayani layanan melalui jaringan Telkom yang bernilai tambah, seperti Telkom Free, Telkom Split Charging, Telkom Vote, Telkom Uni, Telkom Premium, dan call center.
h) Sarana Penunjang
  • Layanan mekanikal dan elektrikal (“ME”) yaitu pasokan listrik AC milik Telkom untuk mitra penyelenggara.
  • Layanan Non ME yaitu sarana penunjang dari Telkom untuk mitra penyelenggara, berupa ruangan, lahan, kolokasi, Integrasi Grounding, Tower, Duct, Roof Top, dan Jalan Akses.
  • CPE adalah perangkat sebagai pelengkap dari penyelenggara telekomunikasi dan terletak di tempat pelanggan.
2. Layanan Teknologi Informasi (“TI”)
        Layanan informasi ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi karena layanan ini dikembangkan ke dalam ranah New Economy Business (“NEB”).

a)  - Managed Application & Performance/ITO Cloud Based Managed Services yaitu layanan cloud computing yang dapat diakses melalui jaringan internet berbasis aplikasi client server.
     - Server Based Managed Services yaitu layanan internet atau aplikasi khusus lain sebagai client yang berbasis server.
     - IT Consulting (layanan konsultasi TI) yaitu pengembangan sistem/aplikasi, Blueprint/MasterPlan TI atau perancangan dokumen strategis lainnya.

b) E-Payment/Payment Service
  • Billing Payment adalah jasa collection agent (bank, koperasi, BPR, convenience store, dll) untuk memudahkan pelanggan jasa atau barang melakukan transaksi pembayaran kepada perusahaan penyedia jasa (Telkom, PLN, PDAM, PJKA, dll.
  • Remittance adalah layanan pengiriman uang di mana pengirim dan penerima dana tidak harus mempunyai rekening bank tetapi harus mempunyai perangkat seluler untuk menerima notifikasi.
  • E-Money melayani penyimpanan uang secara elektronik dengan media yang dapat diakses melalui media internet seperti, handphone, kartu prabayar, atau suatu rekening virtual.
  • E-Voucher atau Telkom Voucher yaitu single voucher untuk membeli layanan atau mengisi pulsa layanan milik Telkom Group, seperti Kartu As, simPATI dan Flexi Trendy, layanan prabayar TelkomVision dan Speedy Hotspot.
c) IT enabler Services (“ITeS”)
  • Business Process Outsourcing (“BPO”) yaitu untuk mengelola ataupun menjalankan beberapa proses perusahaan pelanggan yang berbasis kontrak.
  • Knowledge Process Outsourcing (“KPO”) merupakan layanan BPO untuk proses bisnis yang memerlukan kompetensi khusus dalam suatu pengelolaannya.
d) Network Centric VAS
  • Data & Telephony : menyediakan layanan data dan telepon berbasis TI bagi pelanggan layanan konektivitas.
  • Security yaitu layanan security bagi pelanggan layanan konektivitas berbasis TI.
  • Server & Storage merupakan layanan berupa server & storage bagi pelanggan layanan konektivitas berbasis TI.
e) Jasa Integrasi
  • Jasa Integrasi Jaringan & Piranti Keras yaitu perangkat konektivitas di lokasi pelanggan (CPE).
  • Jasa Integrasi Aplikasi dan Piranti Lunak yaitu mengintegrasikan atau menggabungkan dua atau lebih aplikasi/piranti lunak/sistem dengan memadukan dan menyediakan seluruh system.
  • Jasa Integrasi Computing Hardware yaitu membantu sistem informasi bagi pelanggan dengan menggabungkan seluruh perangkat komputasi.
3. Media & Edutainment
          Media merupakan model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan ini sangat mengikuti tren terkini yaitu gaya hidup digital yang modern.
          Edutainment merupakan salah satu layanan andalan bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda.

a) Konten
  • Musik yaitu konten yang berisi karya seni seseorang atau lebih yang disajikan dalam berbagai bentuk, seperti unsur lagu atau melodi, syair, dan lirik serta aransemen musiknya.
  • Berita yaitu konten yang memberitakan suatu kejadian pada waktu dan tempat tertentu.
  • Sport adalah konten yang berisi informasi seputar olahraga dalam bentuk teks, video, dan multimedia.
  • Edukasi adalah konten yang terkait dengan dunia pendidikan yang disajikan dengan metode pembelajaran yang menarik untuk mencerdaskan bangsa.
  • Permainan (Game) yaitu konten hiburan ataupun alat pembelajaran dengan karakteristik seperti skill game, Mass Multiplayer Online (“MMO”), sport game, board game dan sebagainya.
  • Anti Virus yaitu konten perangkat lunak untuk mendeteksi dan menghapus virus dari sistem komputer.
b) Portal
  • E-Commerce yaitu fasilitas transaksi oleh jajaran Telkom Group secara elektronik, terdiri dari aktivitas penjualan, delivery, layanan pelanggan dan pembayaran.
  • E-Store yaitu fasilitas portal terkait penjualan konten atau aplikasi yang diunduh langsung ke perangkat mobile atau web, seperti game, aplikasi, musik, dll.
  • Community yaitu portal komunitas yang menyediakan konten baik dalam bentuk berita, video, user generated content, maupun artikel tertentu untuk menarik komunitas tertentu.
  • On Device Portal yaitu fasilitas portal untuk memilih, membeli dan menggunakan konten mobile dan layanan yang dipasang di perangkat mobile.
c) - Media Pay TV merupakan layanan TV berbayar melalui satelit atau kabel yang berisi konten premium (berita, sport, hiburan).
    - Over the Top TV (“OTT TV”) yaitu layanan TV melalui jaringan internet.
    - Advertisement yaitu layanan promosi komersial melalui media digital maupun cetak yang disediakan dari produk ataupun jasa dari pihak ketiga/jajaran Telkom.

4. SERVICES
        Services merupakan model bisnis Telkom yang berorientasi kepada pelanggan. Bisnis ini sejalan dengan Customer Portfolio Telkom kepada pelanggan Personal, Consumer/Home, SME, Enterprise, Wholesale, dan Internasional.

# Di bawah ini disebutkan secara singkat beberapa layanan dan produk dari PT. Telkom:

1. Telepon, data, dan Internet
  • IndiHome Fiber: layanan Triple Play dengan teknologi 100% fiber yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat), Interactive TV (UseeTV) dan Phone (Telepon Rumah)
  • Telepon tetap (PSTN): layanan yang pernah menjadi monopoli Telkom di Indonesia
  • Flexi: layanan telepon, data dan internet berbasis fixed wireless CDMA
  • TelkomNet Instan: layanan akses internet dial up
  • TelkomNet Astinet: layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
  • Speedy: layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
  • Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb      Plazatron)
  • Solusi Enterprise – INFONET
  • TELKOMLink DINAccess
  • TELKOMLink VPN IP: layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
  • TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial): Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan   yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP(MPLS/tunneling)  pada TELKOMNet.
  • TELKOM ISDN: jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi atau disatukan.
  • e-Health: meliputi sistem informasi dan aplikasi mengenai kesehatan (ePuskesmas, ePharmacy, HIE (Health Information Exchange).
2. Satelit
  • TELKOMSatelit (Sewa Transponder)
  • TELKOMVSAT (VSAT)
  • Palapa A1
  • Palapa A2
  • Palapa B1
  • Palapa B2
  • Palapa B2P (bersama Satelindo)
  • Palapa B2R
  • Palapa B4
  • Telkom-1
  • Telkom-2
  • Telkom-3
  • Telkom-3S
  • Merah Putih

3. Televisi berlangganan
  • Groovia TV
  • TelkomVision
  • USeeTV
  • Yes TV
  • IndieHome
Dengan meningkatkan infrastruktur dan memperluas teknologi Next Generation Network (NGN) serta memobilisasi sinergi di seluruh jajaran TELKOMGroup, TELKOM dapat memenuhi keinginan pelanggan ritel dan korporasi dengan memberikan kualitas, kecepatan, kehandalan dan layanan pelanggan yang lebih baik lagi seterusnya.

Baca juga : Anak Perusahaan dari PT. Telekomunikasi Indonesia
Sumber :
 https://id.wikipedia.org/wiki/Telkom_Indonesia
 https://novaandriatnas.wordpress.com/2015/10/11/profil-perusahaan-telkom-indonesia/

2 komentar:

  1. Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus

Budaya Perusahaan dari PT. Telekomunikasi Indonesia

Budaya yang dikembangkan PT. Telekomunikasi Indonesia adalah suatu acuan dalam mengembangkan SDM yang berkualitas. Karena Telkom percaya...